Senin, 01 Oktober 2018

Apa yang Harus Diketahui dari Perbedaan Air Conditioner dan Air Cooler? Ini Dia Jawabannya

Posted by Mugiwara Upi on 03.16 with No comments

Tak jarang seseorang akan dilanda rasa bimbang saat akan membeli sebuah produk. Banyaknya pilihan yang ada dari produk inilah yang menjadi penyebab munculnya kebingungan. Fenomena ini sendiri juga sering terlihat pada pembelian produk pendingin ruangan. Dengan semakin banyaknya pilihan perangkat pendingin ruangan yang ada maka seseorang yang akan membelinya membutuhkan pertimbangan untuk memilih satu diantaranya. Diantara produk pendingin ruangan yang ada, Air Conditioner (AC) dan air cooler menjadi dua perangkat yang paling diminati. Bahkan begitu besarnya permintaan akan kedua produk ini muncul istilah pertentangannya yakni air cooler vs air conditioner. Maka dari itu pembahasan kali ini kita akan fokus pada perbedaan antara air cooler dan air conditioner.

Untuk bisa mendapatkan perbedaan AC dan air cooler maka kita harus mendeskripsikan apa itu air conditioner dan air cooler serta cara kerjanya. Jadi air conditioner ini adalah perangkat elektronik yang mampu mendinginkan suhu ruangan dengan cepat dan mudah. Kemampuan air conditioner untuk menurunkan suhu ruangan dengan mudah ini dikarenakan adanya dukungan senyawa seperti klorofluorkarbon (CFC), perfluorokarbon (FC) dan hidroklorofluorkarbon (HCFC). Jadi udara panas yang disedot oleh kipas nantinya akan disalurkan menuju kumparan yang mengandung beberapa senyawa tersebut. Dari sinilah terjadi konversi melalui proses kondensasi sehingga udara panas berubah menjadi udara yang dingin. Nah setelah didapatkan udara dingin barulah didistribusikan ke ruangan.

Sementara itu air cooler sendiri adalah produk elektronik yang mampu menyejukkan ruangan dengan cara meningkatkan kelembaban udara. Kemampuan air cooler untuk menyejukkan udara ini didukung oleh keberadaan air dingin atau es yang ada pada tangki. Nah dari air dingin atau es inilah, air cooler mengubahnya menjadi uap untuk kemudian disebarkan ke ruangan. 

Setelah mengetahui definisi dan cara kerja masing-masing perangkat tersebut, kita lanjutkan pembahasan perbedaan air cooler dan air conditioner dengan mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Dengan penjelasan ini bisa jadi Anda akan mendapatkan gambaran yang lebih konkrit mengenai apa yang tepat untuk dibeli. Kita mulai dari kelebihan dari air conditioner, yaitu :

  •     Memiliki kemampuan yang cepat untuk mendinginkan suhu ruangan.
  •     Tingkat dingin yang dihasilkan paling baik diantara yang lainnya.
  •     Tidak ada pengaruh buruk bila pun ditempatkan di ruangan tertutup dalam waktu yang lama.
  •     Tidak seperti air cooler yang harus diisi ulang dengan air dingin, air conditioner bisa digunakan terus-menerus.
  •     Dapat dengan leluasa dan mudah mengatur suhu ruangan menggunakan remote control.
  • Lalu apa kelebihan dari air cooler? Inilah beberapa diantaranya :
  •     Harganya lebih murah dan terjangkau dibanding dengan harga air conditioner.
  •     Tidak membebani pengeluaran iuran listrik bulanan karena konsumsi listriknya hanya 80-110 watt saja.
  •     Untuk merawat dan membersihkannya sangat mudah dilakukan sendiri. Dari sini tak perlu mengeluarkan biaya untuk mendatangkan orang lain (jasa service).
  •     Praktis dan mudah untuk dipindah-pindahkan jika diinginkan. 

Sudah paham dengan kelebihan dari masing-masing produk? Nah jika sudah paham mari kita lanjutkan pada pembahasan mengenai kekurangannya. Kita mulai dari kekurangan dari air conditioner, antara lain :

  •     Untuk memilikinya, Anda harus mempersiapkan dana yang besar.
  •     Selain itu Anda juga harus bersiap dengan biaya listrik bulanannya yang juga besar.
  •     Tidak hanya itu, biaya besar juga perlu Anda siapkan untuk perawatan air conditioner, karena harus dilakukan oleh jasa service.
  •     Sulit untuk dipindah-pindahkan karena sifat pemasangannya yang permanen.
  • Berikutnya, kita bahas kekurangan dari air cooler, yaitu :
  •     Membutuhkan waktu yang lama untuk mendinginkan ruangan.
  •     Harus selalu mengecek debit air dingin yang ada di tangki untuk bisa digunakan terus-menerus.
  •     Bisa menimbulkan efek buruk kelembaban dan memunculkan penyakit bila ditempatkan di ruangan tertutup tanpa sirkulasi yang baik. 
Dengan beberapa informasi yang disajikan di atas semoga Anda sudah bisa memahami bedanya air cooler dan air conditioner. Ketika Anda sudah mampu mengerti perbedaan air cooler dan air conditioner, maka Anda akan terhindar dari kerugian saat membeli karena salah pilih produk.

0 komentar:

Posting Komentar