Selasa, 09 Mei 2017

Kerugian Yang Harus Dipertimbangkan Dalam Melakukan Over Kredit Rumah

Posted by Mugiwara Upi on 22.18 with No comments


Mempunyai rumah sendiri tentunya lebih menyenangkan, apalagi jika status rumah sudah jelas dengan adanya beberapa surat rumah dan juga surat tanah. Seperti jika Anda melakukan over kredit yang mana pihak pembeli menyerahkan sejumlah uang kepada penjual dengan jumlah yang sudah disepakati oleh pemebeli dan juga penjual dan kemudian pembeli akan melanjutkan cicilan rumah yang sebelum sudah dilakuakn oleh pemiliki yang dulu. Namun, apakah melakukan over kredit rumah aka nada kerugian?. Semua apa yang dilakukan pasti akan ada kerugiannya. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika Anda perlu mempertimbangkan kerugian over kredit rumah.

Kerugian untuk penjual
Setiap penjual over kredit rumah pasti masih mengalami gelisah karena jika pembeli yang baru telat dalam membayar cicilan maka yang akan cari oleh pihak bank adalah pihak penjual karena nama penjual yang masuk kedalam daftar BI checking. Dan ini tentunya dapat merugikan dari pihak penjual.
Kerugian untuk pembeli
Apabila pembeli sudah melunasi semua biaya cicilan rumah tersebut maka akan ada sertifikat agunan yang kemudian akan diserahkan kepada debitur karena nama penjual masih berada di bawah tanga. Dan ini tentu saja sangat merugikan pihak pembelinya.
Kerugian yang lainnya
Kerugian- kerugian yang lain perlu di pertimbangkan lagi yaitu seperti proses pengajuan sebagai debitur biasanya lebih rumit, memakan waktu yang lama karena harus dianalisis oleh analis kredit dari bank. Kemudian ada kemungkinan debitur pengganti akan ditolak oleh bank, serta biaya yang dibutuhkan relatif lebih mahal untuk proses alih debitur. Hal itu di karenakan harus sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang dimiliki oleh masing-masing bank.
Ada satu hal lagi yang perlu Anda ketahui yaitu over kredit rumah dengan menggunakan akta notaris hanya dapat dilakukan satu kali saja dan ini berarti transaksi hanya dapat dilakukan oleh pembeli dan juga penjual yang pertama saja. Dan jika pembeli ingin menjual rumah kepada orang lain maka pembeli tersebut harus mengahadirkan di pemiliki yang terdahulu.
Nah, demikianlah informasi yang dapat kami berikan mengenai kerugian dari melakukan over kredit rumah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar