Jumat, 17 Februari 2017

Biang Keringat pada Bayi

Posted by Mugiwara Upi on 19.22 with No comments
Biang keringat pada bayi masalah yang umum terjadi pada musim panas. Munculnya bintik-bintik kecil berawaran merah dan berada di beberapa bagian tubuh seperti dahi, punggung, leher, ketiak dan lipatan paha. Biang keringat bisa mengganggu polah tingkah si kecil karena terasa gatal dan panas. Sehingga, bayi akan sering rewel dan menangis kala sedang kumat. 

Gangguan kulit ini muncul karena suhu yang panas membuat tubuh bayi mengeluarkan keringat dan menjadi lembab, sementara itu keringat tidak bisa keluar karena kelenjar keringat bayi tersumbat. Langkah paling tepat mengatasi biang keringat pada bayi adalah dengan menghindari panas atau sengatan matahari. Selain itu ada cara lain untuk menghilangkannya, berikut caranya!
foto:teguhiw.me

Minyak telon
Agar tidak menimbulkan energi pada bayi Anda, pilihlah minyak telon yang mengandung 60% minyak kelapa. Sehingga, nantinya tidak terlalu panas saat dioleskan ke tubuh si kecil untuk mengatasi biang keringat pada bayi. 

Bedak
Gunakan bedak tabur yang khusus untuk mengatasi biang keringat. Taburkan secara merata pada kulit bayi yang mengalami biang keringat. Kalau bedak salicyl Anda bisa mencampurkan sedikit air seperti saat menggunakan bedak dingin. 

Jangan kenakan pakaian terlalu ketat
Pakaian yang ketat, bisa menyulitkan keluarnya keringat. Hal ini justru memperburuk kondisinya. Oleh karena itu, berilah bayi pakaian yang agak longgar selama  biang keringat pada bayi belum hilang sepenuhnya. 

Sirkulasi udara
Pastikan kamar bayi Anda sejuk dan tidak panas. Sehingga tubuh bayi tidak kepanasan yang kemudian mengeluarkan banyak keringat. Usahakan ventilasi kamar bayi tepat agar udara bisa masuk ke kamar. Gunakan pakaian yang berbahan menyerap keringat pada bayi.

Mandi teratur
Untuk menyegarkan tubuh dan menghilangkan biang keringat pada bayi, Anda harus memandikannya daram 2 kali sehari. Dengan mandi, kotorran pada tubuh bayi bisa hilang dan tidak menyumbat kelenjar keringat. Suhu tubuh bayi pun lebih sejuk dan bisa membuat dia tidur terlelap.

Agar aktivitas bayi tidak terganggu karena masalah kulit ini, alangkah baiknya Anda mempunyai cara ampuh menghilangkan biang keringat pada bayi.  Hindari kesalahan menyusui yang mana ASI bisa tumpah ke pipi si kecil dan jagalah suhu tubuh bayi tetap sejuk. Tapi, jangan juga dengan menghidupkan kipas angin yang dekat dengan tubuh bayi. Merawat bayi memang gampang-gampang susah. Tapi berusahalah menjadi yang terbaik untuknya.
Categories: ,

0 komentar:

Poskan Komentar